0
Dikirim pada 20 November 2015 di Uncategories

Cara Membuat Efek Dispersion dengan Photoshop - Kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial yang membahas tentang efek Dispersion dengan Photoshop. Membuat efek dispersion dengan photoshop hanya membutuhkan brush saja, dengan begitu poto yang kita edit akan lebih menarik dan dinamis. Oke langsung saja saya mulai tutorialnya semoga anda paham. Berikut dibawah ini tutorial cara membuat efek dispersion dengan photoshop, yuk disimak:

Siapakan terlebih dahulu adobe photoshop cs6 sobat. Jika sudah? Buka Adobe photoshop dilaptop sobat.

Ambil salah satu photo pada folder laptop sobat, kemudian klik menu file yang ada pada pojok kiri photoshop dan pilih open.

Jika photo yang sobat pilih sudah masuk pada photoshop, seleksi terlebih dalu photo tersebut menggunakan Pen Tool (P).

Sebelum fokus membuat efek dispersion, sebaiknya buatkan terlebih dahulu background untuk foto yang sudah terseleksi tadi, tujuannya agar hasil akhir nanti bisa terlihat menyatu pada photo yang dipilih tadi.

Jika background sudah siap, masuk ke photo yang dipilih tadi/yang sudah terseleksi. Ctrl + A dan Ctrl + C pada photo tersebut, kemudian pindah ke background yang sudah di siapkan tadi dan Ctrl + C pada background tersebut.

Jika photo sudah masuk pada background, sesuaikan photo pada background tersebut dengan cara Ctrl + T dan jangan lupa tahan Shift agar photo tidak terlihat di paksa.

Sesudah photo terlihat pas dengan background, kemudian satukan layer photo dan background dengan cara klik kanan pada layer photo kemudian Marge Down agar layer jadi satu bagian.

Kemudian Duplicate layer tersebut dengan cara klik kanan pada layer photo tersebut, pilih duplicate agar layer photo jadi dua atau bias Ctrl + J

Duplicate sekali lagi layer tersebut agar menjadi 3 layer atau bias Ctrl + J pada keyboard.

Sesudah layer photo menjadi 3, tutup logo mata pada layer ke 3, kemudian pilih layer 2. Setelah itu seleksi photo tersebut menggunakan Lasso Tool pada menu-menu yang disamping kiri ke bagian seluruh tubuh photo.

Klik kanan pada tengah2 photo yang sudah di seleksi tadi, pilih Fill kemudian Ok.

Secara otomatis photo yang terseleksi tadi akan menjadi hilang dan yang akan tampil hanya background saja.

Kemudian aktifkan kembali logo mata layer yang kita tutup tadi dengan cara mengklik logo tersebut dan sekalian memindahkan kelayer 3.

Hilangkan garis seleksi pada bagian seluruh badan photo dengan cara Ctrl + D. Sesudah fokus pada layer 3, pilih Quick Selection Tool untuk menyeleksi kembali photo tersebut.

Klik bagian photo tersebut sampai mengelilingi seluruh badan.

Langkah selanjutnya adalah menduplicate layer kembali dengan cara Ctrl + J 2x pada layer 3.

Duplicate layer/mengcopy layer dengan cara Ctrl + J 2x pada layer 3.

Tutup logo mata seperti cara sebelumnya pada layer 3 sesudah menduplicate layer tersebut.

Fokus pada layer 3 di atas layer yang logo matanya tertutup. Pilih Filter pada menu bagian atas, kemudian klik Liquify…

Sesudah photo berhasil tampil di proses ini, kemudian geret geret photo tersebut ke sebelah kiri, seolah kita membuat photo orang gembuk. Kemudian Ok.

Photo cantik sudah terlihat ada bayangan? Langkah selanjutnya pilih Add Vector Mask pada bagian bawah menu-menu layer kemudian Klik

Fokus pada layer 2, kemudian klik pada menu layer kotak add layer mask yang berwarna putih. Pilih paint bucket tool pada menu disamping kiri, kemudian pilih warna dengan set foreground color, dengan warna hitam, lalu klik pada gambar, gambar yang belakang seperti gambar bayangan.

Secara otomatis gambar bayangan yang ada di samping photo akan hilang.

Seperti cara yang tadi memberikan add layer mask pada layer yang paling atas, caranya pun sama dengan mengelik add layer mask pada bagian bawah kotak layer.

Sesudah kita klik add layer mask, biarkan bewarna putih.

Pilih Brush Tool, tujuan agar menghapus setengah badan photo dengan cara pilih brush yang bentuknya percikan air, kemudian klik pada bagian badan yang kiri. Ulangi cara ini sampai badan kiri terlihat dipercik ari dengan mengonta ganti motif brush

Setelah badan yang kiri terlihat di percik air, kemudian pindah ke layer bawah pada kotak warna hitam di bawah kotak warna putih dan mengganti warna set foreground color yang ada pada menu-menu di samping kiri.

Klik Brush Tool lagi dan mengklik samping kiri bagian tubuh photo yang sudah terkena percikan air brush. Caranya sama seperti sebelumnya dengan mengelik bagian yang ingin di percikkan brush dan menggonta gati motif brush seperti contoh gambar dibawah.

Diproses terakhir ini tergantung dari pikiran anda menaruh posisi brush yang bagus dan berapa banyak brush water yang anda miliki. pilih brush dan gonta ganti brush anda, agar hasil yang anda inginkan terlihat maksimal dan pas.

Sekian tutorial cara membuat efek dispersion dengan photoshop. Mudah kan cara membuat efek dispersion? hehe. Silahkan disimak juga, Tutorial Cara Membuat Logo Dengan Photoshop.



Dikirim pada 20 November 2015 di Uncategories
comments powered by Disqus
Profile

“ Haji/Hajjah bahrul3851 ini masih belum mau dikenal orang, mungkin masih malu. “ More About me

Page
Statistik
    Blog ini telah dikunjungi sebanyak : 70.473 kali


connect with ABATASA